≡ Menu

Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Setelan Telah Berhenti dan Penyebabnya Pada Android

Kumpulan cara mudah mengatasi error sayangnya setelan atau setting telah berhenti tiba-tiba pada ponsel OS android yang sering terjadi, penyebabnya pun beragam dari karena system crash, sampah cache yang berlebihan ataupun bisa disebabkan aplikasi tertentu yang mempunyai bug, dan aplikasi berbahaya yang didapatkan dari luar playstore.

inilah penyebab dan cara mengatasi error sayangnya setelan telah berhenti

Penyebab Sayangnya Setelan Berhenti Tiba-tiba

Penyakit sayangnya setelan telah berhenti (Unfortunately, setting has stopped) memang sangat sering terjadi jika kita suka menginstall aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga atau bisa disebut aplikasi yang bersifat tidak aman bagi ponsel android, dan juga karena kebanyakan aplikasi tambahan yang kita gunakan.

Contoh penyebab masalah timbulnya pesan error :

  • Virus terdapat pada sistem
  • Cache berlebihan bertumpuk
  • Ruang penyimpanan penuh
  • Ada berkas aplikasi yang mengganggu sistem
  • Banyak aplikasi tidak digunakan terinstal sia-sia
  • OS System operasi yang belum di update
  • Android dalam keadaan yang sudah di Root

HP Android anda posisi root, ini juga salah satu penyebab system crash dan setelan berhenti tiba-tiba. Jadi, jika anda tidak terlalu paham tentang menggunakan android yang sudah root, saya sarankan Unroot saja agar HP berjalan normal kembali.

Baca Juga : Kepoin, siapa saja yang melihat akun instagram kita

8 Cara Mudah Atasi Error Setelan Telah Berhenti Pada Android

Untuk mengatasi notifikasi sayangnya setelan telah berhenti di android berikut 8 kumpulan cara mengatasinya dengan cara mudah, simak baik-baik tutorial di bawah ini.

1. Pertama cobalah hapus file cache atau sampah

Tidak bisa di pungkiri bahwa file sampah/cache yang berlebihan sangat rentan membuat Hp android crash yang mengakibatkan system error dan salah satunya “sayangnya setelan telah berhenti”, jadi anda harus rutin membersihkan file-file cache yang di hasilkan dari berbagai aplikasi yang terinstall di ponsel. Caranya, anda dapat melakukan dengan manual ataupun mengunakan bantuan aplikasi pembersih sampah yang banyak bertebaran di playstore.

2. Paksa berhenti aplikasi pengaturan

Melalui menu Pengaturan pada ponsel anda bisa memaksa berhenti “Pengaturan/Setting“, cari (Aplikasi yang dijalankan) Tap Berhenti aplikasi pengaturan dan cobalah restart ulang, jika masih terdapat pesan error system, coba langkah ketiga.

3. Download dan install aplikasi AntiVirus

Carilah antivirus di playstore yang punya rating bagus dan install, kemudian jalankan dan scan hp android anda, hapus file sampah/cache ataupun virus yang di temukan. kadang juga aplikasi yang berbahaya akan direkomendasikan untuk di hapus.

4. Sortir Aplikasi yang mungkin membuat ponsel menjadi Crash

Langkah ini bisa di bilang cukup menyita waktu jika smartphone android anda ada banyak aplikasi yang terinstall. Tapi, bisa jadi memang ada aplikasi yang membuat smartphone anda error karena Bug didalamnya ataupun yang terlalu berat untuk di jalankan oleh system android.

5. Uninstal Launcher atau Skin/Tema

Nah, jika anda menggunakan aplikasi launcher,skin,keyboard tambahan, hal ini juga sering menjadi penyebab utama seringnya Hp error, yang memunculkan notifikasi sayangnya setelan telah berherti, atau sayangnya launcher telah berhenti. Masalahnya aplikasi launcher, skin, keyboard kebanyakan terlalu berat untuk di jalankan. Apalagi spesifikasi ponsel anda tidak terlalu memadai, jadi jangan memaksakan karena hanya ingin terlihat berbeda dari android lainnya.

6. Reset Ulang atau Kembalikan ke Setelan Pabrik

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian pilih buat cadangan setel ulang
  • Lalu gulir terus ke bawah kemudian tap Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Sebaiknya sebelum melakukan hal ini pindahkan terlebih dahulu data-data penting yang ada di smartphone Android karena proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di memori ponsel Anda, termasuk aplikasi, contact, file, dan foto.

7. Hard Reset melalui Recovery

Jika berbagai cara di atas belum juga membuat Hp android anda kembali normal maka cara ketujuh ini dengan metode Hard Reset melalui recovery bisa di pastikan merupakan cara paling ampuh untuk menhilangkan error, crash, memori penuh, dan error-error yang lainnya.

  • Matikan terlebih dahulu perangkat ponsel Anda.
  • Kemudian tekan tombol volume kurang (-) dan Power secara serentak hingga muncul beberapa menu gunakanlah tombol volume up untuk memilih perintah.
  • Pada perintah tersebut pilih wipe data atau factory reset.
  • Kemudian tekan tombol Power untuk oke.
  • Tunggu beberapa menit proses recovery data selesai.
  • Kemudian isi data berupa bahasa email, bahasa dan lainnya layaknya smartphone yang baru pertama kali untuk diaktifkan.

8. Flash Ulang atau Upgrade Firmware

Masih belum puas dengan cara di atas, atau anda ingin lebih memaksimalkan smartphone anda di banding sekarang, cara flashing/upgrade firmware ini saya pastikan akan membuat ponsel anda lebih ringan, lebih stabil, dan yang pasti jika upgrade semua system fresh tanpa kendala lagi. Untuk tutorial flashing atau upgrade firmware HP android tidak sama untuk semua smartphone walaupun sama2 memakai android, ini di karenakan perbedaan produsen, dan perangkat keras yang berbeda-beda dari type-type ponsel. Jadi, nantikan tutorial cara flashing android hanya di CaraBaruq.com.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment